Resep Sambal Terasi Tomat Rebus

Posted on

Resep Sambal Terasi Tomat Rebus salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Tomat Rebus

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan khas Indonesia yang satu ini, yaitu sambal terasi tomat rebus. Sambal ini memiliki cita rasa yang khas dan bisa menjadi pelengkap sempurna untuk berbagai jenis makanan. Nah, jika kamu ingin mencoba membuat sambal terasi tomat rebus sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal terasi tomat rebus, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu persiapkan:

  • 7 buah tomat
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sdm terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa memulai langkah-langkah untuk membuat sambal terasi tomat rebus berikut ini:

1. Rebus Tomat

Pertama-tama, rebus tomat sampai kulitnya mengelupas. Setelah itu, tiriskan dan biarkan dingin. Setelah dingin, kupas kulitnya dan haluskan dengan blender.

2. Haluskan Cabai dan Bawang Putih

Selanjutnya, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan. Pastikan bahan-bahan tersebut halus dan tercampur rata.

3. Tumis Bahan Halus

Panaskan minyak goreng di atas wajan, kemudian tumis bahan halus yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan matang.

4. Tambahkan Terasi

Setelah bahan halus matang, tambahkan terasi ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga terasi matang dan harum.

5. Tambahkan Tomat dan Bumbu

Selanjutnya, tambahkan tomat yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan tambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga semua bumbu tercampur rata dan matang.

6. Tambahkan Air dan Masak Hingga Kental

Terakhir, tambahkan air secukupnya dan masak hingga sambal terasi tomat rebus menjadi kental dan matang sempurna.

Sambal terasi tomat rebus siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar lebih awet.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal terasi tomat rebus yang kamu buat sendiri dan nikmati dengan aneka jenis makanan kesukaanmu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sambal terasi tomat rebus:

  • Apakah sambal terasi tomat rebus bisa disimpan dalam waktu yang lama?
  • Bagaimana cara membuat sambal terasi tomat rebus yang lebih pedas?
  • Bisakah tomat yang digunakan dalam resep sambal terasi tomat rebus diganti dengan bahan lain?
  • Apakah sambal terasi tomat rebus bisa dijadikan sebagai bahan masakan lain selain sebagai pelengkap makanan?

Untuk menjawab pertanyaan pertama, sambal terasi tomat rebus bisa disimpan dalam waktu yang lama asalkan disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam kulkas. Namun, pastikan untuk memeriksa kondisi sambal terasi tomat rebus sebelum mengonsumsinya.

Jawaban untuk pertanyaan kedua, jika kamu ingin membuat sambal terasi tomat rebus yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan jumlah cabai rawit atau cabai merah keriting sesuai dengan selera.

Untuk pertanyaan ketiga, tomat dalam resep sambal terasi tomat rebus bisa diganti dengan bahan lain seperti cabai hijau atau terong. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlah bahan yang digunakan agar rasanya tetap enak.

Jawaban untuk pertanyaan terakhir, sambal terasi tomat rebus tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap makanan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan lain seperti sebagai bumbu untuk membuat sayur atau tumis-tumisan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Tomat Rebus ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :