Resep Kue Ulang Tahun Tiramisu

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Ulang Tahun Tiramisu salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Ulang Tahun Tiramisu

Kue ulang tahun memang selalu menjadi hidangan yang paling dinantikan di setiap perayaan ulang tahun. Salah satu kue ulang tahun yang sangat populer adalah kue ulang tahun tiramisu. Kue ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue ulang tahun tiramisu, berikut adalah resep lengkapnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue ulang tahun tiramisu, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 500 gram mascarpone cheese
  • 6 butir telur
  • 1 1/2 cangkir kopi espresso
  • 1/2 cangkir krim kental
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 2 sendok makan rum
  • 24 keping ladyfingers
  • Kakao bubuk secukupnya

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Tiramisu

Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa memulai membuat kue ulang tahun tiramisu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Siapkan Loyang

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan loyang. Gunakan loyang ukuran 9×13 inci dan olesi dengan mentega agar tidak lengket.

2. Kocok Putih Telur

Kocok putih telur hingga berbusa dengan kecepatan sedang menggunakan mixer. Setelah itu, tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan mengkilap. Kocok hingga putih telur mengembang dan terlihat kaku.

3. Kocok Kuning Telur

Kocok kuning telur hingga mengembang dan berwarna kuning pucat. Setelah itu, tambahkan mascarpone cheese dan krim kental. Kocok kembali hingga semua bahan tercampur rata dan lembut.

4. Campurkan Putih Telur dan Kuning Telur

Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk adonan perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

5. Campurkan Espresso dan Rum

Campurkan espresso dan rum ke dalam mangkuk yang berbeda. Aduk hingga merata.

6. Rendam Ladyfingers

Rendam ladyfingers satu persatu ke dalam campuran espresso dan rum. Siram hingga ladyfingers meresap sepenuhnya.

7. Susun Ladyfingers di Loyang

Susun ladyfingers yang telah direndam di dasar loyang. Pastikan ladyfingers tertata rapi dan rapat.

8. Beri Lapisan Adonan

Beri lapisan adonan putih telur dan kuning telur di atas ladyfingers. Ratakan hingga merata.

9. Susun Lagi Ladyfingers

Susun lagi ladyfingers yang telah direndam di atas lapisan adonan. Pastikan ladyfingers tertata rapi dan rapat.

10. Beri Lapisan Adonan Lagi

Beri lapisan adonan putih telur dan kuning telur di atas ladyfingers. Ratakan hingga merata. Ulangi proses ini hingga adonan dan ladyfingers habis.

Selesai

Setelah semua lapisan selesai disusun, taburkan kakao bubuk di atas kue ulang tahun tiramisu. Simpan di dalam kulkas selama minimal 4 jam atau semalaman agar kue mengeras.

People Also Ask: Bagaimana cara membuat kue ulang tahun tiramisu yang lembut dan enak?

Jawaban: Untuk membuat kue ulang tahun tiramisu yang lembut dan enak, Anda perlu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti resep dengan benar. Pastikan Anda mengocok putih telur hingga kaku dan aduk adonan menggunakan spatula dengan lembut agar adonan tidak kehilangan udara yang telah dihasilkan dari putih telur. Selain itu, rendam ladyfingers dengan sempurna agar kue memiliki rasa kopi dan rum yang meresap hingga ke dalam keju mascarpone.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ulang Tahun Tiramisu ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :