Resep Kue Mangkok Mekar Tape Nasi

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Mangkok Mekar Tape Nasi salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Mangkok Mekar Tape Nasi

Kue mangkok mekar tape nasi adalah salah satu jenis kue tradisional yang terkenal di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas dari tape dan nasi. Jika kamu ingin mencoba membuat kue mangkok mekar tape nasi di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue mangkok mekar tape nasi, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 200 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung terigu protein rendah
  • 150 gram tape ketan hitam, haluskan
  • 100 gram nasi ketan, kukus dan haluskan
  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air kelapa
  • Daun pisang untuk alas

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue mangkok mekar tape nasi:

1. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung ketan, tepung terigu protein rendah, baking powder, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Campurkan Bahan Basah

Pada wadah yang berbeda, campurkan tape ketan hitam yang sudah dihaluskan, nasi ketan yang sudah dihaluskan, gula pasir, dan telur. Aduk rata.

3. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Tuangkan campuran bahan kering ke dalam campuran bahan basah sedikit-sedikit sambil diaduk secara perlahan. Tambahkan air kelapa sedikit-sedikit hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal.

4. Olesi Mangkuk Kue dengan Minyak Kelapa

Olesi mangkuk kue dengan minyak kelapa hingga terlapisi seluruh permukaan mangkuk dengan baik. Hal ini bertujuan agar kue tidak lengket pada mangkuk saat dipanggang.

5. Masak Kue Mangkok Mekar Tape Nasi

Tuangkan adonan ke dalam mangkuk kue hingga 3/4 penuh. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25-30 menit atau hingga kue matang dan mengembang. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan kue dingin sebelum disajikan.

Cara Penyajian

Kue mangkok mekar tape nasi siap disajikan dengan daun pisang sebagai alas. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera seperti kelapa parut atau kacang tanah yang sudah dicincang halus.

Selain itu, kamu juga bisa menyajikan kue ini dengan cara yang berbeda. Misalnya, kamu bisa memotong kue menjadi beberapa bagian dan menambahkan es krim vanila atau cokelat di atasnya. Rasanya pasti akan semakin lezat!

People also ask: Apakah kue mangkok mekar tape nasi bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawab: Kue mangkok mekar tape nasi dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, untuk menjaga kelembapan kue, sebaiknya simpan kue dalam lemari es.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Mangkok Mekar Tape Nasi ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :