Resep Kue Lontar Agar Agar Coklat

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lontar Agar Agar Coklat salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lontar Agar Agar Coklat

Kue lontar agar agar coklat adalah salah satu kue yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur kenyal yang pas di lidah, rasa manis yang tidak terlalu menggoda, serta aroma coklat yang khas. Jika Anda ingin membuat kue lontar agar agar coklat, berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue lontar agar agar coklat, pastikan bahwa semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 800 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Adonan Agar-Agar

Setelah bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat adonan agar-agar. Berikut adalah cara membuat adonan agar-agar:

  1. Campurkan agar-agar putih dengan air di dalam panci. Aduk-aduk hingga agar-agar larut.
  2. Tambahkan gula pasir dan susu cair ke dalam panci. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Panaskan panci di atas kompor dengan api sedang hingga adonan mulai mendidih.
  4. Tambahkan coklat bubuk, garam, dan vanili bubuk ke dalam panci. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Masak adonan agar-agar selama kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil. Aduk-aduk agar-agar secara teratur agar tidak menggumpal dan tidak gosong.

Cara Menyiapkan Wadah Kue

Selama adonan agar-agar dimasak, Anda dapat menyiapkan wadah kue. Berikut adalah cara menyiapkan wadah kue:

  1. Siapkan wadah kue berbentuk lontar atau wadah kue lain yang Anda miliki.
  2. Semprotkan sedikit minyak sayur ke dalam wadah kue. Hal ini agar agar-agar tidak lengket di wadah kue saat dihidangkan.
  3. Tuangkan air dingin ke dalam wadah kue dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, tuangkan air dingin ke dalam gelas dan dinginkan di dalam lemari es.
Cara Mengisi Wadah Kue dengan Adonan Agar-Agar

Setelah adonan agar-agar matang, langkah selanjutnya adalah mengisi wadah kue dengan adonan agar-agar. Berikut adalah cara mengisi wadah kue dengan adonan agar-agar:

  1. Ambil wadah kue yang sudah disemprotkan minyak sayur tadi.
  2. Tuangkan adonan agar-agar ke dalam wadah kue dengan hati-hati.
  3. Biarkan adonan agar-agar dingin terlebih dahulu di suhu ruangan.
  4. Setelah adonan agar-agar dingin, masukkan wadah kue ke dalam lemari es dan biarkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan agar-agar mengeras dengan sempurna.

Itulah resep dan cara membuat kue lontar agar agar coklat yang dapat Anda coba di rumah. Kue ini sangat cocok disajikan pada saat acara keluarga atau saat berkumpul bersama teman-teman.

People also ask, apakah kue lontar agar agar coklat ini mudah dibuat? Ya, kue lontar agar agar coklat ini mudah dibuat dan bahan-bahannya juga mudah didapat. Selain itu, tampilan kue ini juga sangat menarik dan pasti akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi tertarik.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lontar Agar Agar Coklat ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :