Resep Kue Brownies Pisang Kukus

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Brownies Pisang Kukus salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Brownies Pisang Kukus

Kue brownies pisang kukus mungkin terdengar aneh, namun rasa yang dihasilkannya benar-benar lezat. Resep ini adalah pilihan yang baik untuk kue yang sehat dan lezat, terutama bagi mereka yang memperhatikan asupan kalori mereka. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat brownies pisang kukus yang lezat.

Bahan-Bahan

Sebelum kita masuk ke resep, pastikan kita mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies pisang kukus:

  • 2 buah pisang matang
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 50 ml minyak kelapa
  • 50 ml susu cair
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, mari kita mulai membuat kue brownies pisang kukus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Pisang

Pertama-tama, pisang matang yang sudah disiapkan sebelumnya dikupas dan dihaluskan menggunakan garpu atau blender. Pisang yang sudah dihaluskan akan dicampurkan ke dalam adonan nantinya.

2. Campurkan Bahan Kering

Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk hingga rata.

3. Campurkan Bahan Basah

Dalam wadah yang berbeda, campurkan telur, minyak kelapa, dan susu cair. Aduk hingga rata.

4. Campurkan Semua Bahan

Campurkan adonan bahan kering dan bahan basah secara perlahan-lahan. Aduk hingga rata. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.

5. Siapkan Loyang

Siapkan loyang yang telah diolesi dengan margarin atau mentega dan ditaburi tepung. Tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut.

6. Kukus Adonan

Siapkan panci pengukus dan panaskan air di dalamnya. Setelah air mendidih, masukkan loyang adonan ke dalam panci pengukus dan kukus selama 45-50 menit. Tes dengan tusuk gigi, jika sudah tidak lengket, berarti kue sudah matang.

7. Sajikan

Setelah matang, angkat loyang dan biarkan dingin. Setelah dingin, potong-potong brownies dan sajikan.

Catatan

Untuk membuat brownies pisang kukus yang lebih lezat, bisa menambahkan potongan coklat atau kacang-kacangan seperti almond atau kenari ke dalam adonan.

People also ask: Apakah brownies pisang kukus bisa dibuat dengan tepung gluten-free?

Jawaban: Ya, brownies pisang kukus bisa dibuat dengan tepung terigu gluten-free. Tepung jagung atau tepung beras bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu. Namun, konsistensi dan rasa brownies mungkin akan berbeda dengan menggunakan tepung terigu biasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Brownies Pisang Kukus ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :