Resep Kue Berbahan Dasar Tepung Beras Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Berbahan Dasar Tepung Beras Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Berbahan Dasar Tepung Beras Merah

Kue adalah salah satu makanan yang sering dijadikan sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup. Kue bisa dibuat dengan berbagai macam bahan, namun kali ini kita akan membahas tentang kue yang berbahan dasar tepung beras merah. Tepung beras merah adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan khas Indonesia, dan kali ini kita akan mengolahnya menjadi kue yang lezat dan sehat.

Apa itu Tepung Beras Merah?

Tepung beras merah, seperti namanya, adalah tepung yang dibuat dari beras merah atau beras yang masih memiliki kulitnya. Tepung beras merah sering dijadikan sebagai alternatif tepung terigu karena memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Selain itu, tepung beras merah juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue berbahan dasar tepung beras merah, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Tepung Beras Merah

Tepung beras merah adalah bahan dasar untuk membuat kue ini. Pastikan Anda menggunakan tepung beras merah yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

2. Santan

Santan adalah bahan yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Santan akan memberikan rasa gurih dan aroma yang enak pada kue.

3. Telur

Telur adalah bahan yang penting dalam pembuatan kue karena telur akan memberikan kelembutan pada kue.

4. Gula

Gula adalah bahan yang digunakan sebagai pemanis pada kue. Anda bisa menyesuaikan takaran gula sesuai dengan selera.

5. Baking Powder

Baking powder adalah bahan yang digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Baking powder akan membuat kue menjadi lebih mengembang dan empuk.

6. Garam

Garam adalah bahan yang digunakan untuk memberikan rasa pada kue. Anda bisa menyesuaikan takaran garam sesuai dengan selera.

Cara Membuat Kue Beras Merah

Berikut adalah cara membuat kue berbahan dasar tepung beras merah:

1. Campurkan Tepung Beras Merah dan Gula

Campurkan tepung beras merah dan gula dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Tambahkan Santan

Tambahkan santan sedikit-sedikit pada campuran tepung beras merah dan gula. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

3. Tambahkan Telur dan Garam

Tambahkan telur dan garam pada adonan kue. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Tambahkan Baking Powder

Tambahkan baking powder pada adonan kue. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

5. Siapkan Loyang

Siapkan loyang dan olesi dengan mentega atau margarin. Tuangkan adonan kue ke dalam loyang.

6. Panggang dalam Oven

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Panggang adonan kue selama 30-40 menit atau hingga matang.

Nah, itulah resep untuk membuat kue berbahan dasar tepung beras merah. Selain enak, kue ini juga sehat karena menggunakan bahan yang alami. Anda bisa menikmati kue ini sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

People also ask, apakah tepung beras merah bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu? Jawabannya adalah bisa, karena tepung beras merah mengandung serat yang lebih tinggi dan lebih sehat dibanding tepung terigu. Namun, perlu diingat bahwa tepung beras merah memiliki kandungan gluten yang lebih rendah, sehingga adonan kue yang terbuat dari tepung beras merah akan lebih rapuh dan mudah hancur. Oleh karena itu, perlu penyesuaian takaran dan teknik pengolahan agar kue yang dihasilkan tetap lezat dan enak.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Berbahan Dasar Tepung Beras Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :