Resep Cara Bikin Kue Pancong Enak Gurih Sederhana

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Cara Bikin Kue Pancong Enak Gurih Sederhana salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Cara Bikin Kue Pancong Enak Gurih Sederhana

Kue pancong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer di masyarakat. Kue ini terbuat dari tepung kelapa, tepung beras, gula, dan santan. Kue pancong biasanya dijual di pinggir jalan atau pasar tradisional. Namun, Anda bisa membuat kue pancong sendiri di rumah dengan mudah. Berikut adalah resep cara bikin kue pancong enak gurih sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat kue pancong, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Tepung kelapa

Untuk membuat kue pancong, Anda membutuhkan tepung kelapa yang sudah diparut halus. Tepung kelapa ini berfungsi untuk memberikan rasa gurih pada kue pancong. Anda bisa membeli tepung kelapa yang sudah jadi di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

2. Tepung beras

Tepung beras merupakan bahan utama dalam membuat kue pancong. Tepung beras ini berfungsi untuk memberikan tekstur yang kenyal pada kue pancong. Anda bisa membuat tepung beras sendiri dengan cara menumbuk beras hingga halus atau membeli tepung beras yang sudah jadi di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

3. Gula pasir

Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue pancong. Pastikan Anda menggunakan gula pasir yang halus dan tidak menggumpal.

4. Santan

Santan digunakan sebagai pengganti air pada adonan kue pancong. Santan ini berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada kue pancong.

5. Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa asin pada kue pancong. Pastikan Anda menggunakan garam yang halus dan tidak menggumpal.

6. Minyak goreng

Minyak goreng digunakan untuk mengoles cetakan kue pancong agar adonan tidak lengket dan mudah dilepas setelah matang.

Cara Membuat Kue Pancong

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan, Anda bisa mulai membuat kue pancong dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Campurkan semua bahan

Campurkan tepung kelapa, tepung beras, gula pasir, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk.

2. Tambahkan santan

Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi encer dan tidak menggumpal.

3. Panaskan cetakan kue pancong

Panaskan cetakan kue pancong di atas kompor dengan api kecil. Setelah panas, olesi cetakan dengan minyak goreng menggunakan kuas.

4. Tuang adonan ke dalam cetakan

Tuang adonan ke dalam cetakan kue pancong hingga penuh. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit adonan agar kue pancong matang secara merata.

5. Tutup cetakan

Tutup cetakan kue pancong dengan penutup yang sudah disediakan. Biarkan adonan matang selama 3-5 menit.

6. Angkat kue pancong

Angkat kue pancong dari cetakan menggunakan sendok atau spatula. Kue pancong siap disajikan.

Itulah resep cara bikin kue pancong enak gurih sederhana. Anda bisa membuat kue pancong ini untuk camilan atau hidangan penutup di rumah. Selamat mencoba!

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

1. Apakah saya bisa membuat kue pancong tanpa santan?

Anda bisa membuat kue pancong tanpa santan, namun rasanya tidak akan se-enak kue pancong yang menggunakan santan. Santan memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada kue pancong.

2. Apakah saya harus menggunakan cetakan kue pancong khusus?

Ya, Anda sebaiknya menggunakan cetakan kue pancong khusus agar kue pancong matang secara merata dan tidak lengket. Cetakan kue pancong biasanya terbuat dari bahan logam atau besi dengan lubang-lubang kecil.

3. Bagaimana cara membuat kue pancong agar tidak mudah hancur?

Anda bisa membuat adonan kue pancong yang kental dan tidak terlalu cair. Selain itu, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit adonan saat di tuang ke dalam cetakan agar kue pancong matang secara merata.

Terima kasih sudah membaca Resep Cara Bikin Kue Pancong Enak Gurih Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :