Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Berenang

Posted on

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Berenang salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Berenang

Kulit belang merupakan kondisi kulit yang terjadi akibat sering berenang dalam waktu lama menggunakan bahan kimia yang biasanya digunakan di kolam renang. Kulit belang ini dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, jangan khawatir karena ada cara mengatasi kulit belang akibat berenang yang dapat dilakukan.

Mengapa Kulit Bisa Belang Akibat Berenang?

Kulit belang akibat berenang disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan di dalam kolam renang. Bahan kimia ini digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam air kolam renang, sehingga air kolam renang tetap bersih dan aman untuk digunakan. Namun, bahan kimia tersebut juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi, sehingga terjadi kulit belang.

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Berenang

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit belang akibat berenang:

1. Gunakan Pelembap

Kulit belang sering terjadi karena kulit yang terlalu kering. Oleh karena itu, gunakan pelembap yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Gunakan pelembap setelah mandi atau setiap kali Anda merasa kulit Anda terlalu kering.

2. Gunakan Salep Kortikosteroid

Jika kulit Anda benar-benar teriritasi, gunakan salep kortikosteroid yang dapat membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada kulit. Namun, salep kortikosteroid ini harus digunakan sesuai dengan anjuran dokter, karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

3. Gunakan Krim Penghilang Rasa Gatal

Jika kulit Anda terasa gatal akibat kulit belang, gunakan krim penghilang rasa gatal yang dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit. Krim penghilang rasa gatal dapat dibeli di apotek atau toko obat terdekat.

4. Gunakan Sabun Lembut

Pilih sabun yang lembut dan bebas dari bahan kimia yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Sabun yang lembut ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda dan mencegah terjadinya kulit belang.

5. Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya saat berenang di kolam renang. Tabir surya melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan.

6. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda dari dalam. Minumlah minimal 8 gelas air setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah terjadinya kulit belang.

7. Hindari Berenang Terlalu Lama

Hindari berenang terlalu lama, terutama jika Anda merasa kulit Anda sudah terlalu kering atau teriritasi. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak dan minum air putih setiap kali Anda berenang.

8. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa kini menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi kulit belang akibat berenang. Minyak kelapa alami yang kaya akan nutrisi dapat membantu melembapkan kulit dan mengatasi masalah kulit belang. Gunakan minyak kelapa secara teratur sebelum dan setelah berenang untuk memaksimalkan hasilnya.

9. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah kulit belang akibat berenang. Kandungan lidah buaya yang kaya akan antioksidan dan nutrisi dapat membantu meredakan peradangan dan melembapkan kulit. Oleskan lidah buaya pada kulit yang belang dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi masalah kulit belang akibat berenang. Oleskan minyak zaitun pada kulit yang belang dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

People Also Ask (Jawaban)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mengatasi kulit belang akibat berenang:

  • Apakah kulit belang akibat berenang berbahaya?
  • Kulit belang akibat berenang tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah kulit belang dengan cara yang tepat.

  • Apakah kulit belang akan hilang dengan sendirinya?
  • Kulit belang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Namun, jika kulit belang Anda terasa sangat mengganggu atau tidak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit.

  • Apakah bisa berenang tanpa kulit belang?
  • Tentu saja bisa. Untuk menghindari kulit belang, gunakan tabir surya, hindari berenang terlalu lama, dan gunakan pelembap setelah berenang.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi kulit belang akibat berenang yang dapat dilakukan. Jangan lupa untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda dan lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Berenang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :