Cara Mengatasi Jerawat Yang Bengkak

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat Yang Bengkak salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Yang Bengkak

Cara Mengatasi Jerawat yang Bengkak Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum terjadi pada banyak orang. Jerawat dapat timbul di berbagai bagian tubuh, seperti wajah, dada, punggung, dan bahkan bokong. Salah satu jenis jerawat yang paling mengganggu adalah jerawat yang bengkak. Jerawat bengkak biasanya lebih besar dari jerawat biasa dan kulit di sekitarnya lebih merah dan sensitif. Jerawat bengkak juga lebih sulit diatasi daripada jerawat biasa. Namun, tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi jerawat yang bengkak.

Penyebab Jerawat Bengkak

Sebelum membahas cara mengatasi jerawat yang bengkak, penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Jerawat bengkak biasanya disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut yang terinfeksi bakteri. Bakteri yang paling sering menyebabkan jerawat adalah Propionibacterium acnes. Bakteri ini hidup di kulit kita dan biasanya tidak berbahaya. Namun, ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, bakteri ini dapat berkembang biak dan menyebabkan peradangan.

Cara Mengatasi Jerawat Bengkak

1. Mengompres Jerawat Bengkak dengan Es Batu Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat bengkak adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Caranya cukup mudah, bungkus es batu dalam handuk bersih dan letakkan pada jerawat selama 15-20 menit. Lakukan secara teratur setiap hari untuk membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. 2. Menggunakan Produk Pengering Jerawat Produk pengering jerawat mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoil peroksida yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya gunakan produk ini dengan hati-hati karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. 3. Menggunakan Obat Jerawat Topikal Obat jerawat topikal seperti retinoid atau antibiotik topikal dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat bengkak dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, obat jerawat topikal ini hanya tersedia dengan resep dokter, sehingga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. 4. Menerapkan Perawatan Kulit yang Tepat Perawatan kulit yang tepat dapat membantu mencegah jerawat bengkak dan mempercepat proses penyembuhan. Pertama, pastikan kulit Anda selalu bersih dengan mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut. Hindari scrubbing terlalu keras karena bisa merusak kulit. Selain itu, gunakan pelembap yang cocok untuk kulit Anda agar kulit tetap terhidrasi. Terakhir, hindari memencet jerawat bengkak karena bisa membuat peradangan semakin parah.

Perawatan Jerawat Bengkak yang Alami

Selain cara-cara di atas, ada beberapa perawatan jerawat bengkak yang alami dan aman digunakan. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat bengkak antara lain: 1. Madu: Madu mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat bengkak. Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 2. Lidah Buaya: Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Potong lidah buaya dan ambil gelnya, oleskan pada jerawat dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 3. Minyak Esensial: Beberapa jenis minyak esensial seperti minyak tea tree, minyak lavender, dan minyak peppermint mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat bengkak. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, oleskan pada jerawat dan biarkan semalaman.

People Also Ask

Q: Apakah jerawat bengkak bisa sembuh dengan sendirinya?
A: Jerawat bengkak bisa sembuh dengan sendirinya, namun prosesnya bisa memakan waktu yang cukup lama. Selama menunggu proses penyembuhan, hindari memencet jerawat bengkak karena bisa membuat peradangan semakin parah. Q: Apakah jerawat bengkak bisa dihilangkan dalam semalam?
A: Sayangnya, tidak mungkin menghilangkan jerawat bengkak dalam semalam. Proses penyembuhan jerawat bengkak membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya beberapa hari hingga satu minggu. Namun, beberapa perawatan seperti mengompres dengan es batu atau menggunakan obat jerawat topikal dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Q: Apakah sinar matahari dapat membantu mengatasi jerawat bengkak?
A: Sebenarnya tidak. Terpapar sinar matahari secara berlebihan justru bisa membuat jerawat semakin parah karena kulit akan menjadi lebih kering dan iritasi. Sebaiknya hindari terpapar sinar matahari secara langsung dan gunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Jerawat Yang Bengkak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :