Cara Membuat Sambal Lalap Lamongan

Posted on

Cara Membuat Sambal Lalap Lamongan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Lalap Lamongan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal lalap, sebuah sambal pedas yang biasanya disajikan sebagai teman makan lalapan. Namun, pernahkah kamu mencoba sambal lalap khas Lamongan? Sambal ini memiliki rasa yang unik dan sangat cocok disajikan dengan berbagai jenis lalapan. Berikut ini adalah resep cara membuat sambal lalap Lamongan yang dapat kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pengolahan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu sediakan:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai hijau keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Lalap Lamongan

Setelah semua bahan sudah siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat sambal lalap Lamongan:

1. Cuci bersih semua cabai dan bawang putih

Pertama-tama, cuci bersih semua cabai dan bawang putih yang akan digunakan. Pastikan tidak ada kotoran atau serangga yang menempel pada bahan-bahan tersebut.

2. Haluskan semua bahan

Selanjutnya, haluskan semua bahan menggunakan blender atau cobek dan uleg. Pastikan semua bahan sudah tercampur rata dan teksturnya halus.

3. Tumis bumbu halus

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.

4. Tambahkan gula merah dan garam

Setelah bumbu halus matang, tambahkan gula merah dan garam. Aduk rata dan masak selama 1-2 menit hingga gula merah larut dan bumbu tercampur sempurna.

5. Tambahkan air jeruk nipis

Terakhir, tambahkan air jeruk nipis ke dalam sambal dan aduk rata. Air jeruk nipis akan memberikan rasa segar yang pas untuk sambal lalap Lamongan ini.

Sajikan Sambal Lalap Lamongan dengan Lalapan

Sambal lalap Lamongan siap disajikan bersama dengan lalapan seperti daun singkong, kacang panjang, mentimun, atau tauge. Rasakan sensasi pedas dan segarnya sambal ini pada setiap gigitan lalapan yang kamu nikmati.

Jadi, itulah resep cara membuat sambal lalap Lamongan yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People Also Ask:

1. Apa bedanya sambal lalap Lamongan dengan sambal lalap biasa?

Sambal lalap Lamongan memiliki rasa yang lebih khas dan unik karena menggunakan bahan-bahan tertentu seperti terasi dan gula merah. Selain itu, sambal ini juga memiliki tingkat kepedasan yang berbeda dari sambal lalap biasa.

2. Apa saja lalapan yang cocok disajikan dengan sambal lalap Lamongan?

Sambal lalap Lamongan cocok disantap dengan berbagai jenis lalapan seperti daun singkong, kacang panjang, mentimun, tauge, dan sayuran lainnya.

3. Bisakah sambal lalap Lamongan disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, sambal lalap Lamongan dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, sebaiknya sambal ini disajikan dalam keadaan segar untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Lalap Lamongan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :