Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Garing

Posted on

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Garing salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Garing

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Garing Sambal goreng kentang garing adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk atau makanan pendamping nasi. Sambal goreng kentang garing memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis. Berikut adalah resep dan cara membuat sambal goreng kentang garing yang enak dan mudah.

Bahan-Bahan

Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat sambal goreng kentang garing antara lain: – 500 gram kentang, kupas dan potong dadu – 2 batang serai, memarkan – 4 lembar daun salam – 4 lembar daun jeruk – 4 cabe merah besar, iris halus – 4 cabe rawit, iris halus – 4 siung bawang putih, iris halus – 4 siung bawang merah, iris halus – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh gula merah, serut – 1 sendok teh terasi, sangrai – Air secukupnya – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat sambal goreng kentang garing yang enak dan mudah: 1. Langkah pertama adalah memasak kentang yang sudah dipotong dadu. Rebus kentang dalam air mendidih selama sekitar 5 menit. Setelah itu, angkat kentang dan tiriskan. 2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. 3. Masukkan cabai merah besar dan cabai rawit yang sudah diiris halus ke dalam wajan. Tumis hingga cabai layu dan harum. 4. Setelah itu, masukkan kentang yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk rata. 5. Tambahkan garam, gula merah serut, dan terasi sangrai ke dalam wajan. Aduk rata. 6. Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Masak hingga air meresap dan kentang menjadi garing. 7. Sajikan sambal goreng kentang garing dengan nasi putih.

Tips dan Trik

– Untuk membuat kentang lebih garing, Anda bisa menambahkan tepung maizena ke dalam kentang sebelum direbus. – Jika ingin sambal goreng kentang garing lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit yang lebih banyak. – Sambal goreng kentang garing bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Varian Sambal Goreng Kentang Garing

Selain menggunakan kentang, Anda juga bisa membuat sambal goreng kentang garing dengan bahan-bahan lain seperti tempe, tahu, atau telur. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti udang, daging sapi, atau ayam untuk membuat hidangan yang lebih beragam. Untuk people also ask, banyak yang bertanya apakah sambal goreng kentang garing bisa dijadikan sebagai makanan diet. Sambal goreng kentang garing mengandung banyak kalori karena biasanya menggunakan minyak goreng yang cukup banyak. Namun, jika ingin mengurangi kalori, Anda bisa menggunakan minyak goreng yang lebih sedikit atau menggunakan teknik memasak yang lebih sehat seperti memanggang atau merebus. Selain itu, Anda juga bisa mengganti kentang dengan sayuran lain yang lebih rendah kalori seperti brokoli atau kembang kol.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Garing ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :